counters

1CAK,For Fun Only!

0
7:40 PM



1CAK
 adalah situs hiburan yang menyediakan gambar dan video yang diunggah penggunanya. Situs ini juga dikenal sebagai penyedia hiburan lewatmeme internet. Layaknya situs-situs hiburan lain, seperti Digg9gag dan reddit, pengguna 1CAK dapat memilih dan mengomentari gambar. Gambar terbaru dan paling populer muncul di beranda situs.
1CAK didirikan oleh Aji Ramadhan pada 17 Februari 2012 dengan nama 1CUK. Situs ini terinspirasi dari 9gag, situs hiburan dan media sosial sejenis yang berbahasa Inggris dan didirikan tahun 2008.[3] Meskipun demikian, situs ini tidak persis 9gag, bahkan ada meme lokal Indonesia yang digunakan. Aji merasa nama domainnya (1CUK) dapat dibaca 'wancuk' (one-cuk), mirip jancuk, suatu ungkapan kasar dalam bahasa Jawa.[2] Maka dari itu, ia menggantinya menjadi 1CAK sejak 30 September 2012. Sejauh ini, 1CAK hanya menggunakan Google Adsense dan Tribal Fusion untuk menghidupi keuangan situs. 1CAK juga berencana untuk merilis aplikasi mobile-nya dalam waktu dekat.  1CAK diluncurkan tanggal 17 februari 2012.
     1CAK adalah guyonan ala 9gag asli indonesia. disini terdapat berbagai gambar/ video lucu yang akan membuat anda terhibur. kalian akan dimanjakan dengan cerita-cerita lucu yang akan membuat anda tertawa terbahak. Namun, di 1CAK juga terdapat postingan gambar-gambar yang tidak senonoh yang tidak dapat dilihat oleh anak dibawah umur, atau biasa disebut NSFW (Not Safe For Work). 1cak yang dulu bernama 1CUK diganti karena nama 1CAK identik dengan kata kocak. 1CAK yang berarti "One Place for koCAK".

1Cak.com, Lelucon ala 9Gag untuk Indonesia


JAKARTA, KOMPAS.com — Kehadiran situs hiburan berbasis gambar lucu seperti 9Gag.com saat ini disukai generasi muda. Situs macam ini juga bermunculan di Indonesia, salah satunya adalah1Cak.com, yang siap membuat Anda tertawa terbahak-bahak.

"1Cak adalah fun site, yang medianya berupa gambar dan video. Ini semacam media sosial, tapi kontennya menghibur," ujar pendiri 1Cak, Aji Ramadhan, ketika diwawancarai KompasTekno, awal November lalu.

Aji Ramadhan bukanlah nama aslinya. Itu hanya nama di dunia maya. Pria kelahiran Sragen, Jawa Tengah, 27 Mei 1985 silam, ini punya nama asli R Aji Kaloko.

1Cak diluncurkan pada 17 Februari 2012. Kala itu nama dan alamat domain-nya adalah 1Cuk.com. Tapi, seiring berjalannya waktu, Aji berpikir nama 1Cuk kurang enak didengar, bahkan sebagian orang menganggapnya negatif. Karena itulah, ia memutuskan ganti nama jadi 1Cak sejak 30 September 2012.

"ONE place for something koCAK," ungkap Aji, coba mengartikan kata 1Cak.

Setelah berganti nama, pengguna bertanya-tanya mengapa domain tersebut diganti. Aji berkisah, pergantian nama dari 1Cuk ke 1Cak dipakai para pengguna sebagai bahan percakapan rayuan gombal sepasang kekasih yang saat ini sedang tren di kalangan anak muda, seperti demikian:

Cowok: 1Cuk...
Cewek: Apa itu, Bang?
Cowok: Satu cinta untuk kamu


Lalu si cewek membalas rayuan gombalnya dengan mengatakan:

Cewek: 1Cak...
Cowok: Apa tuh?
Cewek: Satu cintamu akan kujaga


Inilah salah satu konten di 1Cak, yang menghadirkan canda sesuai selera orang Indonesia. 1Cak menerapkan sistem user generated content, yang seluruh kontennya merupakan sumbangsih dari para pengguna.

Pengguna dapat mengunggah gambar atau video, yang ditambah teks untuk mendukung menyampaikan pesan kocaknya. Kemudian, pengguna lain bisa mendukung dengan mengeklik tombol "Vote" atau "Nope" untuk konten yang dianggap kurang menghibur.
"Motivasi utama 1Cak adalah bisa menghibur dan memberi tempat untuk berkreasi," ujar pria yang saat ini bekerja di bagian teknologi informasi di Institut Teknologi Telkom, Bandung.

Di 1Cak, pengguna yang tak pandai menggambar atau yang tak mahir mengolah gambar di komputer bisa tetap berkreasi dan mengunggah karya. "Di 1Cak banyak gambar orat-oretan yang biasa disebut rage comic, atau meme, yang tak memerlukan keahlian menggambar. Yang penting adalah ide yang segar dan menghibur."

Popularitas fun site seperti 1Cak terus menyedot perhatian publik. Setiap harinya, 1Cak bisa dikunjungi oleh 40.000 pengunjung, dengan 160.000 page view per hari. Aji berharap, trafik tersebut bisa meningkat lebih dari 150 persen pada akhir tahun 2012.

Tingginya jumlah trafik tersebut mendatangkan keuntungan finansial kepada Aji yang saat ini bekerja sendirian untuk 1Cak. Ia membuka lapak iklan yang memakai jasa Google AdSense. Bulan Oktober lalu, Aji berhasil mendulang sekitar 1.400 dollar AS dari iklan di 1Cak. "Ini cukup untuk biaya operasional," terangnya.

Untuk meningkatkan trafik, Aji mempromosikan 1Cak melalui Facebook dan Twitter. Namun diakui Aji, peningkatan trafik yang paling besar datang dari pengguna yang sukarela membagi konten menarik ke jejaring sosial sehingga terus mengundang pengunjung baru bagi 1Cak. (Kompas.com)


1cak.com/of-ngacooid

About the author

Donec non enim in turpis pulvinar facilisis. Ut felis. Praesent dapibus, neque id cursus faucibus. Aenean fermentum, eget tincidunt.

0 comments: